RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMK NURUL HUDA CIMERAK
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1.
Berkomunikasi
dengan Bahasa
Indonesia setara tingkat Semenjana
B. KOMPETENSI DASAR
1.2
|
Menyimak
untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat.
|
C. INDIKATOR PENCAPAIAN HASIL BELAJAR
1.
Pengidentifikasian
sumber informasi sesuai dengan wacana.
2.
Pencatatan
isi pokok informasi dan uraian lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci.
3.
Pengenalan
ragam/laras bahasa.
4.
Pembedaan
proses dan hasil dengan memperhatikan ciri atau penanda kata/kalimat.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
1.
Pengidentifikasian
sumber informasi sesuai dengan wacana.
2.
Pencatatan
isi pokok informasi dan uraian lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci.
3.
Pengenalan
ragam/laras bahasa.
4.
Pembedaan
proses dan hasil dengan memperhatikan ciri atau penanda kata/kalimat.
E. MATERI PEMBELAJARAN :
1.
Ciri-ciri
sumber informasi dan yang bukan
2.
Pemilihan
sumber informasi yang didengar
3.
Perbedaan
fakta dan bukan fakta,yang umum dan yang spesifik,pemerian dan yang bukan
4.
Pembuatan
catatan yang bersifat faktual,spesifik,dan rinci berdasarkan informasi yang
didengar
5.
Konsep
dan cirri-ciri ragam/laras bahasa disertai contoh
6.
Identifikasi
ragam/laras bahasa yang tepat/tidak tepat
7.
Ciri
atau penanda kata/kalimat yang menunjukan proses atau hasil
8.
Pengenalan
dengan cepat dan mantapinformasi yang menunjukan proses atau hasil
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Awal :
·
Pengkondisian
kelas :berdoa,pengabsenan,apersepsi.
·
Penyampaian
informasi materi yang akan dibahas
·
Pelaksanaan
tes awal
Kegiatan
Inti :
·
Menyajikan
sebuah wacana
·
Siswa
membacakan wacana yang telah disajikan oleh guru
·
Siswa
yang lain mendengarkan pembacaan wacana
·
Siswa
mengidentifikasi sumber informasi sesuai dengan wacana.
Kegiatan
Akhir :
·
Penyimpulan
·
Pemberian
tugas
·
Melaksanakan
tes akhir
·
Penyampaian
informasi materi untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan ke-2
Kegiatan
Awal :
·
Pengkondisian
kelas :berdoa, pengabsenan, apersepsi.
·
Penyampaian
informasi materi yang akan dibahas
·
Pelaksanaan
tes awal
Kegiatan
Inti :
·
Menyajikan
sebuah wacana
·
Siswa
membacakan wacana yang telah disajikan guru
·
Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kalimat fakta dan
bukan fakta yang terdapat dalam wacana yang telah dibacakan
·
Siswa
membuat kalimat fakta dan bukan fakta.
Kegiatan
Akhir :
·
Penyimpulan
·
Pemberian
tugas
·
Melaksanakan
tes akhir
·
Penyampaian
informasi materi untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan ke-3
Kegiatan
Awal :
·
Pengkondisian
kelas :berdoa, pengabsenan, apersepsi.
·
Penyampaian
informasi materi yang akan dibahas
·
Pelaksanaan
tes awal
Kegiatan
Inti :
·
Memperkenalkan/menjelaskan
ragam atau laras bahasa
·
Siswa
membacakan wacana yang telah disajikan guru
·
Siswa
membedakan informasi yang menyatakan proses dan hasil
·
Siswa
membuat kalimat yang menyatakan proses dan hasil
Kegiatan
Akhir :
·
Penyimpulan
·
Pemberian
tugas
·
Melaksanakan
tes akhir
·
Penyampaian
informasi materi untuk pertemuan berikutnya
G. METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Tanya
jawab
·
Penugasan
H. MEDIA PEMBELAJARAN
1)
Fasilatas dan Alat
1. Kelas beserta
kelengkapannya
2. Peralatan yang
mendukung
2)
Sumber Belajar
1. Buku yang relevan
I.
PENILAIAN
Ø Prosedur : Tes Awal dan Tes Akhir
Ø Jenis Tes : Lisan dan Tertulis
Ø Bentuk Tes : Uraian,objektif
CONTOH
INSTRUMEN
Disajikan
sebuah wacan yang berjudul....
1.
Setelah Anda menyimak
wacana di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a.
Apa tema wacana yang
baru Anda simak?
b.
Informasi-informasi apa
yang terdapat dalam wacana tersebut?
c.
Siapa yang mengusulkan
program tersebut?
d.
Dimana program itu
dilaksanakan?
e.
Apa yang disebut
program city walk?
2.
Buatlah 2 buah kalimat
yang menyatakan proses dan hasil!
3.
Simaklah dan perhatikan
kalimat berikut lalu tentukan fakta atau bukan fakta!
a.
Mulai bulan April
mendatang harga BBM naik.
b.
Kenaikan harga BBM
tersebut memicu kelesuan ekonomi di Indonesia.
c.
Gempa dahsyat
mengguncang kota Ambon dan sekitarnya,pukul 19.50 WIT Rabu 2 Maret 2005.
d.
Pemkot perlu mengetahui
strategi pemilihan pilkada.
e.
Yogya dan Solo perlu
dilestarikan.
Jawaban:
1.
Sesuai dengan wacana
yang akan disajikan
2.
Hasil pekerjaan siswa
3.
a.
Mulai bulan April
mendatang harga BBM naik.(fakta)
b.
Kenaikan harga BBM
tersebut memicu kelesuan ekonomi di Indonesia.(bukan fakta)
c.
Gempa dahsyat
mengguncang kota Ambon dan sekitarnya,pukul 19.50 WIT Rabu 2 Maret 2005.(fakta)
d.
Pemkot perlu mengetahui
strategi pemilihan pilkada.(bukan fakta)
e.
Yagya dan Solo perlu
dilestarikan.(bukan fakta)
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK Nurul Huda Al Gina
HENDRI OKTAPRIATNA, S.Pd.
|
Cimerak, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
NURHAYATI, S.Pd.
|
0 comments:
Post a Comment