RPP TEKS PROSEDUR KOMPLEKS
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 12
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 1 Ciamis
Kelas /
Semester :
X /1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Alokasi waktu : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)
Memahami Struktur Teks Prosedur dan Memahami Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur
|
Topik :
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.2
|
Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi.
|
2.3
|
Menunjukkan perilaku
jujur, tanggungjawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
|
3.1
|
Memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleksbaik melalui
lisan maupun tulisan.
|
4.1
|
Menginterpretasi makna teks prosedur kompleksbaik secara lisan maupun tulisan.
|
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1
|
Indikator KD
pada KI 1
|
Siswa
dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks prosedur kompleks.
|
|
2.3.2
|
Indikator KD pada KI 2
|
Siswa
dapat menerapkan perilaku jujur, tanggungjawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
|
|
3.1.3
|
Indikator KD pada KI 3
|
1. Siswa dapat menjelaskan struktur teks prosedur
kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
2. Siswa dapat menjelaskan ciri kebahasaan teks
prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
|
|
4.1.4
|
Indikator KD pada KI 4
|
Siswa dapat menafsirkan struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
|
D. Materi Pembelajaran
1.
Struktur Teks
Prosedur Kompleks
2.
Ciri
Kebahasaan
1)
Partisipan manusia secara umum(kata ganti yang digunakan untuk penyebutan berikutnya, seperti –nya
(kata ganti orang ketiga tunggal) yang mengacu pada subjek (orang)).
Contoh :Jika pengendara
melakukan pelanggaran,tentu pihak yang berwajib menilangnya.
2)
Verba material(Verba
atau kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik)seperti melakukan dan menilang pada kalimat Jika
pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.
3)
Verba tingkah laku(verba
yang mengacu pada sikap yang dinyatakan padaungkapan verbal (bukan sikap mental
yang tidaktampak), seperti menerima, menolak)
4)
Konjungsi temporal(konjungsi yang
mengacu pada urutan waktu, sekaligus menjadi sarana kohesi (hubungan/
keterkaitan) teks, seperti pertama, kedua, ketiga, dan setelah)
Macam-Macam
Konjungsi
a.
Konjungsi waktu : sesudah,
setelah, sebelum, lalu, kemudian, setelah itu
b.
Konjungsi gabungan : dan,
serta, dengan
c.
Konjungsi pertentangan :
tetapi, akan tetapi, namun, melainkan, sedangkan
d.
Konjungsi pilihan : atau
e.
Konjungsi penegasan/penguatan :
bahkan, apalagi, hanya, lagi pula, itu pun
f.
Konjungsi pembatasan : kecuali,
selain, asal
g.
konjungsi tujuan : agar,
supaya, untuk
h.
Konjungsi persyaratan : kalau,
jika, jikalau, bila, asalkan, bilamana, apabila
i.
Konjungsi perincian : yaitu,
adalah, ialah, antara lain, yakni
j.
Konjungsi penjelasan : bahwa
k.
Konjungsi sebab akibat :
karena, sehingga, sebab, akibat, akibatnya
l.
Konjungsi perbandingan : bagai,
seperti, ibarat, serupa
m. Konjungsi penyimpulan :oleh sebab itu, oleh karena itu, jadi, dengan
demikian
5)
Menggunakan syarat dan pilihan pada teks prosedur kompleks
diungkapkan dengan konjungsi yang sama, yaitu jika, apabila, atau seandainya.
Keadaan ini merupakan faktor lain yang menyebabkan kekompleksan prosedur itu.
6)
Terdapat kalimat imperatif (kalimat yang mengandung
perintah, kalimat imperatif berfungsi
untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu)
7)
Terdapat kalimat deklaratif (kalimat yang berisi
pernyataan, kalimat deklaratif berfungsi
untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.
8)
Terdapat kalimat introgatif(kalimat yang berisi
pertanyaan. Kalimat
interogatif berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu. Kalimat
interogatif dapat dibagi menjadi kalimat interogatif yang menuntut jawaban ya
atau tidak dan kalimat interogatif yang menuntut jawaban yang berupa
informasi.)
E. Langkah – Langkah Pembelajaran
No
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
10 Menit
|
1.
Ketua kelas
memimpin doa
untuk memulai pembelajaran.
2.
Guru
mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru
mengkondisikan kelas untuk siap memulai pembelajaran.
4.
Guru
melakukan apersepsi sehingga terjalin komunikasi dua arah.
5.
Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dalam pembelajaran.
6.
Siswa dan
guru menyepakati kegiatan pembelajaranyang akan
dilakukan.
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
70 Menit
|
a.
Mengamati
·
Siswa
membaca materi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks.
b.
Menanyakan
·
Siswa dan
guru bertanya jawab mengenai struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur
kompleks.
c.
Mengeksplorasi
·
Siswamencari informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur
kompleks dari sumber lain (internet).
d.
Mengasosiasikan
·
Setelah
mencari dari sumber lain, siswa mendiskusikan materi tentang strukutur dan
ciri kebahasaan teks prosedur kompleks.
·
Siswa menjawab
pertanyaan yang berkaitan dengan struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur
kompleks.
e.
Mengomunikasikan
·
Secara
bergantian siswa menjelaskan hasil temuannya dihadapan teman-temanya secara
sistematis.
|
||
3.
|
Penutup
|
10 Menit
|
1.
Peserta
didik membuat rangkuman hasil diskusi.
2.
Peserta
didik dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
3.
Guru melakukan refleksi, misalnya meninjau kembali bagian mana yang perlu
dijelaskan lebih lanjut.
4.
Mencatat informasi tentang
tugas untuk pertemuan selanjutnya, yaitu “Tugas 5 Menganalisis Bagian-Bagian Teks Prosedur.
5. Ketua Kelas memimpin doa
untuk mengakhiri pembelajaran.
|
F. Penilaian
Teknik
|
:
|
Observasi dan tes tulis
|
Bentuk Instrumen
|
:
|
Lembar pengamatan observasi dan daftar pertanyaan
|
Soal/Instrumen
|
:
|
Terlampir
|
G. Metode Pembelajaran
1.
Model
Pembelajaran : Inquiri
2.
Metode : Curah pendapat,
diskusi, dan unjuk kerja
3.
Pendekatan : Saintifik
H. Media dan Alat
1.
2.
3.
|
Media Pembelajaran
Alat/Bahan Pembelajaran
Sumber Pembelajaran
|
:
:
:
|
In
Fokus, netbook, MS. Powerpoint, poto kopi materi dan spidol.
Teks prosedur kompleks “Apa yang Harus Anda
Lakukan Jika Ditilang?”
1.
Buku Bahasa
Indonesia (Ekspresi Diri dan Akademik), SMA Kelas X. Kurikulum 2013. Halaman:
39-46.
2.
Internet
|
Mengetahui
Guru
Mata pelajaran,
GIN GIN SITI SRIGINA, S.Pd.
NIP.19700852000032002
|
|
Ciamis,September 2015
GuruPeraktik Pelaksanaan Lapangan,
NURHAYATI
NIM. 2108120044
|
LAMPIRAN
a. Instrumen
Tes
1)
Instrumen penilaian sikap
a)
Lembar Observasi
Penilaian
kompetensi sikap jujur, tanggungjawab, dan disiplin dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ 1
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Memahami Struktur Teks Prosedur dan Memahami
Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur Kompleks
|
Indikator
|
:
|
Siswa
dapat menerapkan perilaku jujur, tanggungjawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
|
Berikan skor pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan .
1.
Jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
2.
Jika
kadang-kadang berperilaku dalam
kegiatan
3.
Jika sering berperilaku dalam kegiatan
4.
Jika
selalu berperilaku dalam kegiatan
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Disiplin
|
Jumlah
Skor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
….
|
b)
Skor maksimal : 12
Perhitungan nilai akhir
dalam skala 0 – 4 :
Nilai akhir
=
. . .
Keterangan:
4 = jika empat
indikator terlihat
3 = jika tiga
indikator terlihat
2 = jika dua
indikator terlihat
1 = jika satu indikator
terlihat
c)
Indikator Penilaian
Sikap:
Jujur
a.
Tidak menyontek pekerjaan teman.
b.
Mengerjakan tugas sesuai denan kemampuan sendiri.
c.
Berbicara sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
d.
Tidak berbohong dengan mengakui tugas teman sebagai tugas
sendiri.
Tanggung Jawab
a
Melaksanakan tugas
yang diberikan.
b
Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok.
c
Mengajukan usul pemecahan masalah.
d
Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan.
Disiplin
a. Mengerjakan tugas
tepat waktu.
b. Tidak mengganggu teman
saat belajar.
c. Tidak terlambat
datang ke kelas.
d. Tidak membuat
gaduh.
Kategori nilai sikap:
a.
Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.
Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.
Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.
Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
2)
Instrumen Penilaian Pengetahuan
1.
Lembar soal penilaian kompetensi pengetahuan
Bentuk soal : uraian
Jenis tes : tertulis
Buatlah
masing-masing 3 contoh dari ciri kebahasaan di bawah ini!
1)
Partisipan manusia secara umum
2)
Verba material
3)
Verba tingkah laku
4)
Konjungsi temporal
5)
Menggunakan syarat dan pilihan
6)
Terdapat kalimat imperatif
7)
Terdapat kalimat deklaratif
8)
Terdapat kalimat introgatif
2.
Kunci jawaban penilaian kompetensi pengetahuan
Jawaban siswa bervariasi
Pedoman penskoran
Soal 1-8
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
|
Menggunakan kalimat yang tepat
|
4
|
Menggunakan kalimat yang kurang tepat
|
3
|
Menggunakan kalimat yangtidak tepat
|
2
|
Tidak ada jawaban
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
Catatan:
Jumlah skor maksimal
: 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4
+ 4 = 32
Jumlah kriteria :
32
Nilai Akhir :
= 4
3)
Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator: Setelah melalui tahapan proses pembelajaran
peserta didik dapat menginterpretasikanstruktur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleksbaik
secara lisan maupun tulisan.
a)
Curah Pendapat
Interpretasikan
makna teks teks prosedur kompleks baik secara lisan
maupun tulisan.
b)
Diskusi
Interpretasikan makna teks teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
c)
Unjuk
Kerja
Interpretasikan makna teks teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
LEMBAR KERJA
Nama Kelompok :
Kelas :
NO.
|
PARAGRAF
|
INFORMASI YANG DIDAPAT
|
1.
|
1
|
|
2.
|
2
|
|
3.
|
3
|
|
4.
|
4
|
|
5.
|
5
|
|
6.
|
6
|
|
d)
Kriteria Penilaian
Skor 3 jika
informasi yang didapat tepat
Skor 2 Jika
Informasi yang didapat kurang tepat
Skor 1 jika
Informasi yang didapat tidak tepat
e) Skor maksimal : 32
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 4 :
Nilai
akhir =
. . .
0 comments:
Post a Comment