RPP TEKS PROSEDUR KOMPLEKS

RPP TEKS PROSEDUR KOMPLEKS

di bawah ini saya akan memberikan contoh RPP yang sudah saya buat dengan melihat contoh-contoh yang sudah ada, siapa tahu bisa jadi sumber inspirasi Anda dan mudah-mudahan bisa membantu. Apabila ada yang ingin softcopynya boleh email saja.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 12
Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Ciamis
Kelas / Semester          : X /1
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)
Memahami Struktur Teks Prosedur dan Memahami Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur
Tema                           : Proses Menjadi Warga yang Baik
Topik                           :

A.      Kompetensi Inti

1.             Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.             Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.             Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.             Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar

1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggungjawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleksbaik melalui lisan maupun tulisan.
4.1
Menginterpretasi makna teks prosedur kompleksbaik secara lisan maupun tulisan.

 

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

1.2.1
Indikator KD pada KI 1
Siswa dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks prosedur kompleks.
2.3.2
Indikator KD pada KI 2
Siswa dapat menerapkan perilaku jujur, tanggungjawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.1.3
Indikator KD pada KI 3
1.      Siswa dapat menjelaskan struktur teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
2.      Siswa dapat menjelaskan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1.4
Indikator KD pada KI 4
Siswa dapat menafsirkan struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.

D.      Materi Pembelajaran

1.             Struktur Teks Prosedur Kompleks
 

2.        Ciri Kebahasaan
1)        Partisipan manusia secara umum(kata ganti yang digunakan untuk penyebutan berikutnya, seperti –nya (kata ganti orang ketiga tunggal) yang mengacu pada subjek (orang)).
Contoh :Jika pengendara melakukan pelanggaran,tentu pihak yang berwajib menilangnya.
2)        Verba material(Verba atau kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik)seperti melakukan dan menilang pada kalimat Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.
3)        Verba tingkah laku(verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan padaungkapan verbal (bukan sikap mental yang tidaktampak), seperti menerima, menolak)
4)        Konjungsi temporal(konjungsi yang mengacu pada urutan waktu, sekaligus menjadi sarana kohesi (hubungan/ keterkaitan) teks, seperti pertama, kedua, ketiga, dan setelah)
Macam-Macam Konjungsi
a.         Konjungsi waktu : sesudah, setelah, sebelum, lalu, kemudian, setelah itu
b.        Konjungsi gabungan : dan, serta, dengan
c.         Konjungsi pertentangan : tetapi, akan tetapi, namun, melainkan, sedangkan
d.        Konjungsi pilihan : atau
e.         Konjungsi penegasan/penguatan : bahkan, apalagi, hanya, lagi pula, itu pun
f.         Konjungsi pembatasan : kecuali, selain, asal
g.        konjungsi tujuan : agar, supaya, untuk
h.        Konjungsi persyaratan : kalau, jika, jikalau, bila, asalkan, bilamana, apabila
i.          Konjungsi perincian : yaitu, adalah, ialah, antara lain, yakni
j.          Konjungsi penjelasan : bahwa
k.        Konjungsi sebab akibat : karena, sehingga, sebab, akibat, akibatnya
l.          Konjungsi perbandingan : bagai, seperti, ibarat, serupa
m.      Konjungsi penyimpulan :oleh sebab itu, oleh karena itu, jadi, dengan demikian
5)        Menggunakan syarat dan pilihan pada teks prosedur kompleks diungkapkan dengan konjungsi yang sama, yaitu jika, apabila, atau seandainya. Keadaan ini merupakan faktor lain yang menyebabkan kekompleksan prosedur itu.
6)        Terdapat kalimat imperatif (kalimat yang mengandung perintah, kalimat imperatif berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu)
7)        Terdapat kalimat deklaratif (kalimat yang berisi pernyataan, kalimat deklaratif berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.
8)        Terdapat kalimat introgatif(kalimat yang berisi pertanyaan. Kalimat interogatif berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu. Kalimat interogatif dapat dibagi menjadi kalimat interogatif yang menuntut jawaban ya atau tidak dan kalimat interogatif yang menuntut jawaban yang berupa informasi.)

E.     Langkah – Langkah  Pembelajaran

No
Langkah-Langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
10 Menit
1.      Ketua kelas memimpin doa untuk memulai pembelajaran.
2.      Guru mengecek kehadiran siswa.
3.      Guru mengkondisikan kelas untuk siap memulai pembelajaran.
4.      Guru melakukan apersepsi sehingga terjalin komunikasi dua arah.
5.      Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dalam pembelajaran.
6.      Siswa dan guru menyepakati kegiatan pembelajaranyang akan dilakukan.
2
Kegiatan Inti
70 Menit
a.      Mengamati
·           Siswa membaca materi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks.
b.      Menanyakan
·           Siswa dan guru bertanya jawab mengenai struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks.
c.       Mengeksplorasi
·           Siswamencari informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks dari sumber lain (internet).
d.      Mengasosiasikan
·           Setelah mencari dari sumber lain, siswa mendiskusikan materi tentang strukutur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks.
·           Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks.
e.       Mengomunikasikan
·           Secara bergantian siswa menjelaskan hasil temuannya dihadapan teman-temanya secara sistematis.
3.
Penutup
10 Menit
1.      Peserta didik membuat rangkuman hasil diskusi.
2.      Peserta didik dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
3.      Guru melakukan refleksi, misalnya meninjau kembali bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
4.      Mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan selanjutnya, yaitu Tugas 5 Menganalisis Bagian-Bagian Teks Prosedur.
5.      Ketua Kelas memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

F.     Penilaian

Teknik
:
Observasi dan tes tulis
Bentuk Instrumen
:
Lembar pengamatan observasi dan daftar pertanyaan
Soal/Instrumen
:
Terlampir

G.    Metode Pembelajaran

1.         Model Pembelajaran : Inquiri
2.         Metode                     : Curah pendapat, diskusi, dan unjuk kerja
3.         Pendekatan               : Saintifik

H.    Media dan Alat

1.
2.
3.
Media Pembelajaran
Alat/Bahan Pembelajaran
Sumber Pembelajaran
:
:
:
In Fokus, netbook, MS. Powerpoint, poto kopi materi dan spidol.
Teks prosedur kompleks “Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Ditilang?
1.         Buku Bahasa Indonesia (Ekspresi Diri dan Akademik), SMA Kelas X. Kurikulum 2013. Halaman: 39-46.
2.         Internet
           
Mengetahui
Guru Mata pelajaran,
GIN GIN SITI SRIGINA, S.Pd.
NIP.19700852000032002
Ciamis,September 2015
GuruPeraktik Pelaksanaan Lapangan,
NURHAYATI
NIM. 2108120044
LAMPIRAN
a.      Instrumen Tes
1)        Instrumen penilaian sikap
a)        Lembar Observasi
Penilaian  kompetensi  sikap jujur, tanggungjawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
X/ 1
Topik/Subtopik
:
Memahami Struktur Teks Prosedur dan Memahami Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur Kompleks
Indikator
:
Siswa dapat menerapkan perilaku jujur, tanggungjawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
Berikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan .
1.        Jika  tidak pernah berperilaku  dalam kegiatan
2.        Jika kadang-kadang  berperilaku dalam kegiatan 
3.        Jika  sering berperilaku  dalam kegiatan 
4.        Jika selalu  berperilaku  dalam kegiatan
No.
Nama Peserta Didik
Jujur
Tanggung Jawab
Disiplin
Jumlah Skor
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.














2.














3.














….














b)       Skor maksimal : 12
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 4 :
Nilai akhir   =   . . .
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat
2 = jika dua indikator terlihat
1 = jika satu indikator terlihat
c)        Indikator  Penilaian  Sikap:
Jujur
a.       Tidak menyontek pekerjaan teman.
b.      Mengerjakan tugas sesuai denan kemampuan sendiri.
c.       Berbicara sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
d.      Tidak berbohong dengan mengakui tugas teman sebagai tugas sendiri.
Tanggung Jawab
a         Melaksanakan tugas  yang diberikan.
b        Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok.
c         Mengajukan usul pemecahan masalah.
d        Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan.
Disiplin
a.       Mengerjakan tugas tepat waktu.
b.      Tidak mengganggu teman saat belajar.
c.       Tidak terlambat datang ke kelas.
d.      Tidak membuat gaduh.
Kategori nilai sikap:
a.       Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.      Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.       Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.      Kurang jika memperoleh nilai akhir 1
2)        Instrumen Penilaian Pengetahuan
1.        Lembar soal penilaian kompetensi pengetahuan
Bentuk soal        : uraian
Jenis tes              : tertulis
Buatlah masing-masing 3 contoh dari ciri kebahasaan di bawah ini!
1)             Partisipan manusia secara umum
2)             Verba material
3)             Verba tingkah laku
4)             Konjungsi temporal
5)             Menggunakan syarat dan pilihan
6)             Terdapat kalimat imperatif 
7)             Terdapat kalimat deklaratif
8)             Terdapat kalimat introgatif
2.        Kunci jawaban penilaian kompetensi pengetahuan
Jawaban siswa bervariasi
Pedoman penskoran
Soal 1-8
Aspek yang Dinilai
Skor
Menggunakan kalimat yang tepat
4
Menggunakan kalimat yang kurang tepat
3
Menggunakan kalimat yangtidak tepat
2
Tidak ada jawaban 
1
SKOR MAKSIMAL
4
Catatan:
Jumlah skor maksimal         : 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 32
Jumlah kriteria                    : 32
Nilai Akhir                          :
 = 4
3)        Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator:  Setelah melalui tahapan proses pembelajaran peserta didik dapat menginterpretasikanstruktur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleksbaik secara lisan maupun tulisan.
a)      Curah Pendapat
Interpretasikan makna teks teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
b)      Diskusi
Interpretasikan makna teks teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
c)      Unjuk Kerja
Interpretasikan makna teks teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
LEMBAR KERJA
Nama Kelompok         :
Kelas                           :
NO.
PARAGRAF
INFORMASI YANG DIDAPAT
1.
1
2.
2
3.
3
4.
4
5.
5
6.
6
d)     Kriteria Penilaian
            Skor 3 jika informasi yang didapat tepat
            Skor 2 Jika Informasi yang didapat kurang tepat
            Skor 1 jika Informasi yang didapat tidak tepat
e)      Skor maksimal : 32
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 4 :
Nilai akhir   =  . . .

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net