PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Satuan Pendidikan
|
: SMK Nurul Huda Al Gina
|
Kelas/ Semester
|
: XI/ I
|
Tahun Pelajaran
|
: 2016/ 2017
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket.
|
|||
2
|
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madya
|
2.1 Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang
tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja
|
·
Teknik membuat
catatan verbal, dan non-verbal sebagai dasar untuk membuat simpulan
(lisan/tertulis)
·
Teknik menyimpulkan
secara induktif dan deduktif
·
Teknik
menyampaikansimpulan dan pendapat
·
Teknik membuat
simpulan lisan maupun tulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar,
termasuk di dalamnya kesadaran berbahasa/sikap berbahasa yang positif
|
||||
2.2 Menyimak untuk memahami perintah yang
diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja
|
·
Kiat mengenali
perintah lisan, seperti intonasi dan tekanan
·
Kiat merumuskan perintah atau rencana tindak
lanjut dalam bentuk kerangka, atau bagan
|
||||||
2.3 Memahami
perintah kerja tertulis
|
·
Teks Perintah Kerja
Tertulis (Surat Edaran, Pengumuman, Memo, Disposisi, Buku Manual Kerja)
·
Informasi mengenai
kebiasaan peraturan atau budaya kerja yang berlaku di tempat bekerja
·
Kiat menyikapi
perintah kerja yang maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan redaksi
yang berbeda
|
||||||
2.4 Membaca
untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks
bekerja
|
·
Informasi mengenai
hubungan antara makna kata, bentuk kata, dan pemakaian kata dalam konteks
bekerja
·
Peran dan manfaat kamus
dalm belajar bahasa dan dalam kehidupan berbahasa dan bernegara
·
Proses pembentukan
kata baru
·
Relasi makna
(sinonim, dan antonim), ungkapan idiomatik, dan bentuk kata
|
||||||
2.5 Menggunakan
secara lisan kalimat tanya/pertanyaan dalam konteks bekerja
|
·
Konsep kalimat tanya umum
·
Konsep dan ciri kalimat retorik
·
Dampak penggunaan kalimat retorik kepada mitra kerja
·
Konsep dan model kalimat tersamar
·
Kalimat tanya tersamar dalam kehidupan sehari-hari
·
Artikel yang mengandung ragam kalimat tanya
|
||||||
2.6 Membuat parafrasa lisan dalam konteks bekerja
|
· Pengertian parafrasa
·Teknik menyusun parafrasa: menentukan kata
kunci; menemukan ide pokok; menjelaskan sinonim kata kunci; menjelaskan makna
kata metaforis/ungkapan lain dengan kata lain yang semakna; menggunakan ungkapan
lain untuk maksud yang sama dari informasi yang didengar; menyusun kalimat
dengan ungkapan sendiri
·Pola penyajian ide: pola urutan/kronologis;
pola sebab akibat; pola contoh; pola proses
|
||||||
2.7 Menerapkan
pola gilir dalam berkomunikasi
|
·
Film/naskah
drama/sinetron:Unsur intrinsik;peran dialog
·
Diskusi
kelompok:sistem dan teknik diskusi; jenis diskusi; komponen (moderator,
notulis, peserta, dan publik);pola gilir (tahap-tahap pembicaraan dalam
diskusi)
|
||||||
JUMLAH
SEMESTER I
|
|||||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK Nurul Huda Al Gina
HENDRI OKTAPRIATNA, S.Pd.
|
Cimerak,
......................................
Guru Mata Pelajaran
NURHAYATI, S.Pd.
|
0 comments:
Post a Comment