PROGRAM TAHUNAN

Pada postingan sebelumnya saya share tentang program semester, nah sekarang saya share tentang program tahunan untuk SMK. Semoga bermanfaat.
 PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan
: SMK Nurul Huda Al Gina
Kelas/ Semester
: XI/ I
Tahun Pelajaran
: 2016/ 2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket.
2



Berkomunikasi dengan  bahasa Indonesia  setara tingkat  Madya
2.1   Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja
·    Teknik membuat catatan verbal, dan non-verbal sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan/tertulis)
·    Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif
·    Teknik menyampaikansimpulan dan pendapat
·    Teknik membuat simpulan lisan maupun tulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk di dalamnya kesadaran berbahasa/sikap berbahasa yang positif


2.2   Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja
·   Kiat mengenali perintah lisan, seperti intonasi dan tekanan
·   Kiat  merumuskan perintah atau rencana tindak lanjut dalam bentuk kerangka, atau bagan


2.3  Memahami perintah kerja tertulis
·   Teks Perintah Kerja Tertulis (Surat Edaran, Pengumuman, Memo, Disposisi, Buku Manual Kerja)
·   Informasi mengenai kebiasaan peraturan atau budaya kerja yang berlaku di tempat bekerja
·   Kiat menyikapi perintah kerja yang maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan redaksi yang berbeda


2.4   Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja
·   Informasi mengenai hubungan antara makna kata, bentuk kata, dan pemakaian kata dalam konteks bekerja
·   Peran dan manfaat kamus dalm belajar bahasa dan dalam kehidupan berbahasa dan bernegara
·   Proses pembentukan kata baru
·   Relasi makna (sinonim, dan antonim), ungkapan idiomatik, dan bentuk kata



2.5   Menggunakan secara lisan kalimat tanya/pertanyaan dalam konteks bekerja
·   Konsep kalimat tanya umum
·   Konsep dan ciri kalimat retorik
·   Dampak penggunaan kalimat retorik kepada mitra kerja
·   Konsep dan model kalimat tersamar
·   Kalimat tanya tersamar dalam kehidupan sehari-hari
·   Artikel yang mengandung ragam kalimat tanya


2.6 Membuat parafrasa lisan   dalam konteks bekerja
· Pengertian parafrasa
·Teknik menyusun parafrasa: menentukan kata kunci; menemukan ide pokok; menjelaskan sinonim kata kunci; menjelaskan makna kata metaforis/ungkapan lain dengan kata lain yang semakna; menggunakan ungkapan lain untuk maksud yang sama dari informasi yang didengar; menyusun kalimat dengan ungkapan sendiri
·Pola penyajian ide: pola urutan/kronologis; pola sebab akibat; pola contoh; pola proses




2.7   Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi
·   Film/naskah drama/sinetron:Unsur intrinsik;peran dialog
·   Diskusi kelompok:sistem dan teknik diskusi; jenis diskusi; komponen (moderator, notulis, peserta, dan publik);pola gilir (tahap-tahap pembicaraan dalam diskusi)


JUMLAH SEMESTER I














Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK Nurul Huda Al Gina





HENDRI OKTAPRIATNA, S.Pd.









Cimerak, ......................................
Guru Mata Pelajaran






NURHAYATI, S.Pd.



0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net